Inovasi untuk metode pembelajaran Al Qur’an semakin bervariasi, baru-baru ini dalam MTQ XXII di kota Serang-Banten IIQ (Institut Ilmu Al Qur’an) memamerkan sebuah produk dan metode baru mempermudah belajar membaca al-qur`an dengan menggunakan pena digital yang diberi nama Al-qalam.

Pena Digital Mempermudah Belajar Membaca Al Quran

Foto

Serang, 18/6 (Pinmas)–Institute Ilmu Al`quran (IIQ) Jakarta meluncurkan dan memamerkan sebuah produk dan metode baru mempermudah belajar membaca al-qur`an dengan menggunakan pena digital yang diberinama Al-qalam.

“Ini merupakan metode baru mempermudah membaca Al-qur`an dengan fasih. Pada pameran MTQ XXII kali ini dilincurkan,” kata Rektor Institute Ilmu Al-Qur`an Ahsin Sakho Muhammad di stand IIQ di arena pameran MTQN XXII Kota Serang, Banten, Rabu.

Menurut Aksin, dengan menggunakan pena digital tersebut, setiap orang bisa dengan mudah belajar membaca al-qur`an hanya dengan menyentuhkan pena digital tersebut pada ayat-ayat dalam mushaf yang dilengkapi dengan plastik mika khusus.

Ia mengatakan, setiap orang bisa memilih ayat-ayat tertentu yang diinginkan dengan menyentuhkan pena digital, dan bisa dilakukan berulang-ulang jika memang belum difahami dengan benar. Sehingga, saat pen tersebut disentuhkan dalam mushaf secara otomatis akan keluar suara rekaman sesuai dengan ayat yang ditunjuk.

“Kalau metode yang biasa menggunakan kaset dan CD atau belajar langsung dengan guru. Ini lebih mudah karena bisa belajar sendiri lengkap dengan tajwid dan 7 langgam (lagu),” katanya.

Dalam rekaman pena digital tersebut, kata Akhsin, ada tujuh langgam (lagu) yang dilantunkan oleh qori Muammar Z.A dan qoriah Maria Ulfah, lengkap dengan tajwid yang sudah diuji oleh tim pentashih dari pihak studio dan Departemen Agama.

Akhsin mengatakan, satu perangkat pen digital, mushaf dan mika ditawarkan kepada masyarakat pengunjung pameran di arena MTQN XXII seharga Rp850.000 Sedangkan bagi masyarakat umum, bisa membeli Pen digital tersebut di kampus IIQ Jakarta dengan harga Rp1.277,900.

“Kedepan IIQ akan terus mengembangkan pen digital itu untuk tahap pembelajaran anak-anak atau untuk Iqro,” katanya.

Berita selengkapnya silahkan ke website www.depag.go.id.

About these ads